Find Me @shashinetria

Lucky Charms Rainbow

Rabu, 08 November 2017

Kilas Balik Danbo

Danbo | @shashinetria
Danbo | @shashinetria
Danbo.. Pasti banyak yang tahu diantara kalian apa itu Danbo. Boneka atau mainan lucu satu ini emang bikin gemes orang yaa.. Yaa menurutku sih.. Karena karakternya yang lucu - lucu n ekspresinya yang unik - unik ini bikin orang pengen banget motretin dia.. Yaa bisa dibilang Pinterestable and Instagramable sih. :D hahaa.. Tapi... kali ini Danbo yang diatas punya cerita nih.. Yuukk, simak kisah si Danbo saya. ^_^



KILAS BALIK DANBO

Malang, 30 September 2017 

Ku kayuh sepeda pada pagi hari itu, tepat pukul 6 pagi dengan dinginnya udara kota itu.
"Oke, GPS sudah siap."
Aku meluncur ke taman kota seberang untuk menikmati indahnya alam pagi hari, menghirup aroma embun dari semua tumbuhan yang kulewati.
"Aaaahh... sejuknya udara pagi.. nikmat mana yang kau dustakan kawan"
"Nah sebentar lagi sudah sampai nih.. ngga sabaran buat potret potret disana" 
 Sesampai disana kuletakkan sepeda di tempat parkir dan segera bergegas aku mengeksplorasi tempat itu.


Ditengah keramaian...

"Oke, cukup lah hari ini. Saatnya ngisi bensin perut ini"
 Sesaat saat hendak mencari pengganjal isi perut, aku terfokus pada kumpulan sosok kecil yang cute banget.
Aku mendekat ke kumpulan sosok kecil yang imut - imut itu.

"Wah.. Danbo ya pak ini. Berapa pak satu harganya?"

"Iya mbak, lima ribu rupiah. Mau mbak?"

"Iya deh pak, satu ya." 

"Oh danbonya bahan kayu ya pak?"

"Silakan dipilih mbak yang mana.. Iya mbak dari kayu.. Oh ya, danbo ini sebenernya bukan dari kayu lho mbak.."

"Oh, ya?"


"Iya, danbo ini sebenernya dari kata danboard, juga dibuatnya itu dari kertas karton board bukan kayu. Pembuat awalnya dulu sejarahnya orang Jepang, saya lupa namanya sih mbak.. kalo ngga salah namanya itu Azuma Ki-yo-hi-ko.. pokoknya yaa dari sanalah. itu yang orang Jepang itu yang bikin - bikin gambar di komik gitu lho mbak. Nah danbo ini juga diproduksi sama perusahaan di Jepang sana pakai teknologi tinggi, jadi ya bisa gerak - gerak gitu mbak tangannya, kakinya. Karena saya ngga dapat kertasnya danbo ini dan juga ngga ada teknologinya buat bikin kayak yang di Jepang itu, jadi yaa saya bikinnya dari kayu mbak.. hahaha"

"Ooo.. saya juga baru ngerti sih pak, hehehe. Yaa nanti saya cari tau tentang danbo ini."

"Iya mbak... iyaa, jaman now memang canggih yaa, cari info sudah bisa gitu lewat hape." Sambil tersenyum dan tertawa bapak itu bercerita,

"Yang saya tau sih mbak, danbo ini ada kartunnya di Jepang sana.. kartun di Jepang itu apa yaa namanya saya lupa.."

"Ooh.. manga pak?"

"Iyaa iya.. itu namanya.. nah, di manga itu beda lagi mbak, saya pernah lihat kartunnya itu danbonya beda mbak sama yang saya jual, di kartunnya itu danbo bisa bergerak kalau ada koin yang dimasukkan kemulutnya. hahaha..lucu pokok'e mbak.. Yah.. soalnya anak saya yang kecil itu suka lihat - lihat kartun di yutub, pake tab maknya itu mbak.. dasar kids jaman now ya mbak.. hahaha.."

"Hahahaha.. iyaa pak, anak kakak saya paling kecil juga suka sekarang main tab, sudah ngerti pake'nya gimana. Memang kids jaman now yaa pak.. hahaha.. kalo kecilan saya dulu ngga tau  kayak begitu, hahahaa.. terus pak, ceritanya gimana bisa bikin kayak gini?"

"Nah.. terus anak saya yang kecil minta dibuatkan abis nonton kartun itu mbak, saya bingung. Terus cari info di tab akhirnya saya buatkan. Awalnya bikin dari karton mbak, tapi susah saya ngga bisa, hehehe.. Nah dari situ saya terinspirasi bikin danbo sendiri, tapi dari kayu mbak.. yaa supaya awet. Awalnya buat anak saya yang kecil, tapi lama - lama kepikiran juga buat dagang mainan danbo, makanya saya masih berdiri disini jualan danbo ini. Yaa.. itung itung buat tambahan rejeki mbak.. tapi saya bikin yang bisa dipake orang gitu mbak, jadi saya bikin buat gantungan kunci, jadi bermanfaat juga selain buat mainan."

"Iyaa pak...Wahh hebat.. jadi bapak sampai cari info ya tentang danbo ini.. pantas tau tentang danbo.. hahaha"

"Iya mbak, yaa sebelum memulai sesuatu saya memang cari info dulu apa itu, gimana cara bikinnya, asal usulnya juga. hahaha"

"Ya memang harus begitu sih pak, soalnya kalo ada yang tanya jadi bisa tau ya pak. Bisa bagi ilmu juga bisa cerita"

"Iya mbak..hahaha.. Nah, sudah dipilih mbak yang mana?"

"Iya pak, yang ini satu. Ehmm, tambah satu lagi deh pak yang ini.. sepuluh ribu ya pak, ini uangnya."

"Iya, terima kasih mbak, sini saya bungkuskan."

"Terima kasih pak, semoga dagangannya laris ya pak, Aamiin.."

"Aamiin Yaa Robbal Al'amiin... Terima kasih mbak, hati - hati dijalan."  

Dengan ramah bapak itu bercerita diantara perut saya yang sudah krucuk kruuccuukk, dan akupun mulai mengisi perut saya pada sebuah warung kecil di dekat taman.
"Today was fun, time to eat.. perut sudah bernyanyi sedari tadi, hahahaha."



 "Yes, share and give make somebody feel what you feel too. If you share happiness, they will feel happy too, but if you share the sadness they'll feel it too eventhough a little."




Original by, @shashinetria



5 komentar:

  1. Balasan
    1. Thank you my dearest friend,, ^_^
      visit back soon :* MMwaaahh ^_^

      Hapus
  2. dulu danbo pake kertas karton..
    sekarang beralih ke kayu semenjak negara api menyerang..:D
    ilang deh sentuhan art nya...huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa.. Danbo itu unik.. Aku suka.. Dan bahkan penasaran pengen bisa bikin danbo yg dari kertas karton itu.. Kalo udh bs pngen sih dibikin komunitas danbo gt.. Dan kalau bisa ada pameran art / art event bs diikutkan gt.. Seru.. 😊❤

      Hapus
    2. By the way.. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu membaca coretan kecil saya .. ^_^ Salam kenal,, 😊

      Hapus